Jumat, 29 Maret 2024 : 10:17:50 WITA
Berita Terkini
Harga Cabai Mulai Melonjak Jelang Idul Adha

Polewali Mandar - Jelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, harga komoditas bumbu dapur pada sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, melonjak. Seperti yang terpantau di kompleks Pasar Ikan Kecamatan, Sabtu (25/07/20).

Sebelumnya, bumbu dapur seperti cabai besar dijual seharga Rp 17 ribu/kilogram (kg), kini naik menjadi Rp 32 ribu/kg. Seakan tidak mau kalah, harga cabai keriting juga naik dari Rp 17 ribu/kg menjadi Rp 36 ribu/kg.

Kondisi serupa juga terjadi pada minyak curah, yang harganya naik menjadi Rp 56 ribu/jerigen, yang sebelumnya dijual seharga Rp 50 ribu/jerigen. Kondisi serupa juga terjadi pada telur ayam, yang naik menjadi Rp 43 ribu/rak dari harga awal Rp 40 ribu/rak.

 

Terjadinya lonjakan harga ini meresahkan warga. Mereka mengaku terpaksa memutar otak agar semua kebutuhan dapur tetap terbeli, salah satunya dengan mengurangi pembelian setiap jenis komoditas,

"Banyak bahan yang naik, tomat sudah agak turun, yang paling naik harga cabenya, mahal sekali, ini memberatkan, ini terpaksa beli secukupnya karena ini kebutuhan sehari-hari tidak bisa juga tidak dibeli, kalau kemarin beli sekilo, sekarang setengah kilo yang penting bisa mencukupi kebutuhan, " kata warga bernama Esterlina.

Salah seorang pedagang yang dikonfirmasi, Hj Nirwana mengaku lonjakan harga memang rutin terjadi setiap menjelang hari raya. " Naik semua (harga kebutuhan), biasanya memang kalau mau Lebaran begitu, semua harga naik " ungkapnya.

Selain itu, pandemi virus corona disusul dengan kebijakan pemerintah membatasi pergerakan warga, membuat lonjakan harga semakin tidak terkendali, karena kurangnya pasokan barang kebutuhan.

"Karena dilarang pedagang besar masuk, macam dari Enrekang, penjagaan ketat di perbatasan, kalau mau masuk ke sini butuh surat keterangan sehat dari COVID-19, karena mengurus itu susah, makanya pedagang malas masuk hingga pasokan barang berkurang " terang pedagang lainnya bernama Ratna.

Warga dan pedagang berharap, pemerintah melakukan upaya, salah satunya dengan menggelar operasi pasar, agar harga kebutuhan tidak semakin melonjak jelang hari raya Idul Adha.

Sumber: detik.com

Sekilas Informasi